( Medan ) - Universitas Quality ( UQ ) melalui Lembaga Penjaminan Mutu Internal ( LPMI ) menggelar Monitoring dan Evaluasi ( Monev ) Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Tahun 2020. Proses ini dilakukan sehubungan dengan tahap-tahap yang harus dilakukan dalam rangka menjaga Standard Penjaminan Mutu Internal di lingkungan UQ terutama Standar Pendidikan.
Kegiatan ini dilaksanakan pada 3 Fakultas yaitu Fakultas Sains dan Teknologi ( Saintek ), Fakultas Sosial Humanioran ( Soshum ) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) dengan 8 Program Studi ( Prodi ) yaitu Prodi: Agribisnis, Agroteknologi, TeknikSipil, Manajemen, Hukum , Pendidikan Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan ( PkN ) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ).
Dalam melakukan monev, tim penjaminan mutu menyebarkan angket langsung pada mahasiswa yang terdiri dari :
- Aspek Tangibles ( Sarana Pendidikan, Alat Perkuliahan, Media Pengajaran dan Prasarana Pendidikan );
- Aspek Reliability ( Stafakademik );
- Aspek Responveness ( sikap tanggap );
- Aspek Asurance ( Perlakuan pada mahasiswa );
- Aspek Empity ( Pemahaman terhadap kepentingan manusia );
- Aspek Information System ( Sistem Informasi Kemahasiswaan ).
Melalui hasil angket, diperoleh hasil yang menjadi masukan bagi UQ dalam penyelenggaraan akademik yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Rekomendasi perbaikan layanan akademik pada beberapa fakultas dapat disampaikan sebagai berikut:
A. Gugus Saintek :
1. Aspek Tangibles :
- Meningkatkan pengadaan LCD, white board dan penghapus untuk pembelajaran.
- Meningkatkan fasilitas diruang perpustakaan misalnya tempat baca dan kelengkapan buku kuliah.
- Meningkatkan fasilitas laboratorium terutama untuk prodi sipil.
- Meningkatkan fasilitas ruang kuliah dan perlengkapan belajar mahasiswa.
- Meningkatkan Perpustakaan baik fasilitas atau referensi buku-buku yang diperlukan mahasiswa.
- Meningkatkan kebersihan dan fasilitas kamar mandi.
- Membuat pengadaan tempat ibadah.
- Meningkatkan kenyamanan parkir.
- Meningkatkan dukungan untuk mengadakan seminar atau worksop.
2. Aspek Reliability :
- Meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa,
- Meningkatkan ketepatan waktu untuk melayani mahasiswa,
- Meningkatkan kinerja administrasi,
- Meningkatkan jumlah staf untuk melayani mahasiswa,
- Mengadakan pelatihan bagi admin agar bisa memahami tugasnya.
3. Aspek sikap tanggap :
- Meningkatkan pelayanan dosen terhadap mahasiswa khususnya dosen pembimbing akademik.
- Meningkatkan pemberian beasiswa ( tepat sasaran )
- Meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa yang mempunyai masalah.
- Menyediakan asuransi bagi mahasiswa.
- Diharapkan staf menyelesaikan permasalahan mahasiswa sesuai perjanjian ( tidak mengulur waktu)
- Meningkatkan keamanan
- Meningkatkan pengadaan organisasi mahasiswa.
- Meningkatkan pelayanan bantuan pengobatan kepada mahasiswa
- Meningkatkan kebersihan di ruang kuliah.
4. Aspek Asurance :
- Meningkatkan pelayanan mahasiswa tentang permasalahan yang dihadapi,
- Meningkatkan peraturan mengenai sanksi bagi mahasiswa.
5. Aspek pemahaman terhadap keperluan mahasiswa :
- Meningkatkan pelayanan terhadap kepedulian terhadap kesulitan mahasisa,
- Meningkatkan sarana dan prasarana untuk mengembangkan bakat mahasisa.
6. Aspek Sistem Information System:
- Meningkatkaninformasibaikperkuliahan, akademikdan non akademik,
- Meningkatkanpengaduanuntukpelayananpengaduanmahasiswa,
- Meningkatkanpelayananterhadappembayaranuangkuliah,
- Meningkatkantentangregistrasi KRS, KHS, jadwaldanyudisium,
- Meningkatkanketepatanwaktuuntukadministrasi.
A. Gugus Soshum :
Rekomendasi sesuai dengan hasil kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik tahun 2020 yaitu:
- Meningkatkan kebersihan, kerapian dan kenyamanan ruang perkuliahan agar kepuasan mahasiswa terkait ruang perkuliahan dapat lebih meningkat lagi.
- Melengkapi sarana pembelajaran dan fasilitas di Laboratorium komputer, koleksi buku perpustakaan dan LCD Proyektor.
- Meningkatkan kebersihan kamar kecil dan kantin.
- Memberikan ruang khusus untuk fasilitas ibadah yang nyaman bagi mahasiswa.
- Memberikan ruang khusus untuk fasilitas kesehatan bagi mahasiswa.
- Meningkatkan kualitas dan kenyamanan area taman dan publik space serta area parker di universitas.
- Melengkapi fasilitas olahraga bagi mahasiswa.
- Mengaktifkan Badan Eksekutif Mahasiswa dan membentuk beberapa organisasi untuk kegiatan mahasiswa lainnya.
- Mengatur ruang kuliah sesuai dengan kebutuhan kelasnya sehingga tidak terjadi perebutan kelas dengan kelas lainnya.
- Menyediakan ruang senat untuk prodi hukum agar dapat meningkatkan kualitas mahasiswanya.
- Memberikan lebih banyak lagi informasi beasiswa agar mahasiswa termotivasi.
- Meningkatkan pemberian informasi melalui website universitas terkait kegiatan workshop dan seminar yang dapat diikuti oleh mahasiswa.
- Meningkatkan pelayanan staf akademik baik dari segi pelayanan administrasi kemahasiswaan, ketepatan waktu, ketersediaan staff akademik dan pemberian informasi bagi mahasiswa.
- Dosen pembimbing akademik dan dosen bimbingan konseling harus meningkatkan kualitas pelayanannya dalam membimbing dan membantu mahasiswa menyelesaikan berbagai permasalahan yang dialami terutama dalam bidang akademik.
- Universitas perlu meningkatkan pelayanan terkait pemberian asuransi kesehatan dan keamanan bagi mahasiswa agar mahasiswa merasa nyaman kuliah.
- Meningkatkan pengenaan sanksi bagi mahasiswa yang melanggar peraturan akademik di universitas tanpa pandang bulu.
- Melakukan peningkatan sistem yang dapat mendukung kelancaran kegiatan dan administrasi akademik.